5 Tips Memesan dan Membeli Tiket Kereta Api Online yang Praktis

Musim liburan telah tiba. Tentu semua orang menyambut dengan gembira karena ingin bepergian ke banyak tempat hiburan dan wisata, baik di dalam maupun luar negeri sekadar melepas penat setelah bekerja keras. Sudah pasti ke tempat-tempat itu menggunakan transportasi pribadi atau umum seperti bus, pesawat terbang, kapal laut, dan kereta api.

Salah satu transportasi umum andalan kala musim liburan tiba adalah kereta api karena cepat dan efisien. Karena menjadi andalan dan primadona dari jauh-jauh hari banyak orang berburu tiket kereta, baik secara langsung seperti di stasiun atau secara online.

 

Ternyata berburu tiket kereta online itu paling banyak dilakukan. Selain menghemat waktu, ongkos, dan segala tetek bengek seperti tidak perlu antre, memesan secara online itu juga mendapatkan keuntungan, yaitu cashback terutama di musim liburan ini. Akan tetapi kita tentu juga harus memperhatikan hal-hal berikut ketika memesan tiket kereta api online. Apa saja itu? Yuk mari simak!

Pesanlah tiket sejak jauh-jauh hari

Memang sistem pemesanan atau booking tiket kereta secara online tidak mengharuskan kita untuk mengantre hingga berjam-jam di stasiun. Namun bukan berarti dengan begitu saja kita menganggap ini hal yang enteng. Mengapa? Karena pada dasarnya PT KA sebagai operator kereta api di Indonesia akan melakukan hal yang sama dengan yang bukan online alias offline, yaitu menjual tiket kereta sejak H-90 pemberangkatan atau 3 bulan sebelum pemberangkatan. Tentu dengan kebijakan demikian akan terjadi serbuan secara besar-besaran ke situs PT KA demi bisa membeli tiket kereta dan mendapatkannya apalagi di saat musim liburan dengan banyak diskon.

 

Akibatnya situs PT KA menjadi down, dan ketika sudah normal kita malah mendapati kenyataan tiket kereta yang diinginkan sudah habis terjual. Ataupun kalau masih tersedia tidak sreg dengan jadwal, harga, dan tempat duduk. Karena itu, pesanlah tiket sedini mungkin supaya kamu bisa tenang dan nyaman kala ingin liburan.

Pesanlah tiket bukan di saat traffic jam

Traffic jam di sini lalu lintas padat yang terjadi ketika membeli tiket kereta api secara online apalagi dengan harga yang murah. Traffic jam pada pemesanan tiket kereta api banyak terjadi di saat penjualan sudah mulai dilakukan, yaitu pada pukul 00.00. Sudah pasti dalam kurun waktu mulai penjualan itu akan banyak kisah yang terjadi seperti gagal menyelesaikan pembayaran atau tidak mendapatkan harga tiket kereta api yang murah sesuai keinginan. Selain itu, ada yang tidak bisa mengakses situs sehingga tidak bisa membeli.

 

Supaya kamu terhindar dari kejadian seperti itu ada baiknya kamu memesan tiga jam setelahnya atau pukul 03.00. Sebab, di masa ini traffic jam sudah tidak ada. Tiga jam adalah batas waktu yang diberikan oleh PT KA bagi konsumen untuk melunasi pembayaran. Karena itu, manfaatkanlah secara benar waktu-waktu yang sepi dari traffic jam ini.

Belilah tiket di selain PT KA

Sebagai operator tunggal kereta api, PT KA tentu menyadari antusiasme yang tinggi pada masyarakat dalam menggunakan kereta api di kala musim liburan. Oleh karena itu, PT KA juga mendistribusikan penjualan ke online travel agent atau OTA, situs-situs e-commerce, dan retail-retail.

 

Tentu ada banyak sekali keuntungan yang didapatkan memesan secara online di tempat-tempat selain  PT KA. Selain bisa menghindari traffic jam, mereka juga menawarkan banyak kelebihan seperti fitur penumpang, daftar harga yang tepat, kelas kereta api, waktu pemberangkatan beserta diskon-diskon yang menarik. Selain itu, tempat-tempat alternatif ini juga menyediakan metode pembayaran yang mudah, baik melalui ATM, pembayaran langsung,  virtual account, hingga dompet online.

 

Jangan sungkan dan segan mencari tiket promo

Membeli tiket kereta api secara online dan murah karena menawarkan banyak promo serta cashback tentu menjadi sebuah surga bagi konsumen. Karena setidaknya konsumen mendapatkan dua keuntungan, pesan tiket secara online yang sudah pasti bebas dari mengantre, dan mendapatkan tiket yang murah pula. Siapa yang tidak mau?

 

Oleh karena itu ketika hendak berburu tiket kereta api usahakanlah selalu mencari yang promo terutama pada tujuan yang diinginkan. Lalu bagaimana caranya bisa mengetahui ada atau tidaknya tiket promo dan cashback itu? Caranya adalah sebagai berikut:

  • Telusuri melalui mesin pencari Google dengan kata kata kunci yang mengandung promo tiket kereta api online, dan Google akan langsung menampilkan situs-situs penyedia tiket online yang tinggal diklik
  • Unduh dan instal aplikasi penyedia tiket online seperti KAI Acces, Traveloka, Bukalapak, dan Tokopedia melalui Play Store dan Apps Store. Dengan memiliki aplikasi-aplikasi ini keuntungan yang bisa kita dapatkan adalah mereka kerap mengirimkan notifikasi promo-promo yang menggiurkan.

Kenali dan pahami sub-kelas kereta api

Kelihatannya hal ini merupakan yang remeh namun sebenarnya tidak terutama bagi kamu yang ingin mendapatkan kenyamanan kala berkereta api walau dengan tiket yang murah sekalipun. PT KA pada sekarang ini mengoperasikan 5 subkelas kereta api yang terdiri dari ekonomi, bisnis, eksekutif, prioritas, dan sleeper train.

 

Dari kelimanya sleeper train merupakan yang paling terbaru dan termahal sedangkan yang paling banyak diincar adalah ekonomi. Dengan mengetahui dan memahami 5 subkelas ini, setidaknya kamu bisa mempertimbangkan subkelas yang akan kamu pakai dan sesuai bujet. Jangan hanya karena ingin yang murah tetapi malah mengambil subkelas yang harganya selangit. Ya, tidak akan bertemu.

Isilah data diri penumpang dengan benar

Kebanyakan orang yang membeli tiket kereta api secara online sering kali meremehkan hal yang satu ini. Padahal mengisi data diri penumpang merupakan hal yang vital. Mengapa? Karena data diri penumpang merupakan suatu hal yang berharga dan akan dicatat di data PT KA. Pengisian data diri penumpang ini juga bertujuan untuk mengurangi kecurangan seperti yang sering terjadi di kala kereta api masih belum dibenahi. Apabila kamu tidak mengisi data diri dengan benar, hal itu akan menjadi kerugian bagi kamu. Kamu bisa jadi gagal berangkat atau malah dikeluarkan dari kereta kala ada pemeriksaan oleh petugas kereta api. Karena itu, isilah data dengan rinci dan benar.

Pastikan koneksi internet selalu stabil

Ketika kita ingin memesan tiket secara online selalu yang terbayang terlebih dahulu adalah kemudahan pemesanan dan pembayaran. Namun ada yang kerap dilupakan, yaitu koneksi internet. Semua pemesanan dan pembayaran akan lancar jika koneksi internet stabil dan super kencang. Namun bagaimana jika sebaliknya? Tentu yang ada malah merugi. Karena itu, pastikan selalu koneksi internet stabil dengan memeriksa kuota. Apabila dirasa kurang segeralah beli kuota secara langsung atau online.